Teknologi Generasi Mendatang

Teknologi Generasi Mendatang dan Masa Depan Perdagangan

Teknologi Generasi Mendatang dan Masa Depan Perdagangan – Banyak kekuatan membentuk arus perdagangan, termasuk kebijakan perdagangan, perubahan sifat dan lokasi permintaan konsumen, dan perbedaan dalam biaya tenaga kerja dan input lainnya di seluruh geografi. Penggerak arus perdagangan penting lainnya yang kurang dihargai adalah teknologi.

Sejarah perdagangan mencerminkan gerakan inovasi teknologi baru yang sedang berlangsung. Setelah Revolusi Industri Kedua, misalnya, pengenalan kapal uap dan kereta api mengubah ekonomi perdagangan lintas batas negara. Demikian juga, revolusi digital tahun 1990-an dan awal 2000-an memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan pemasok dan pelanggan yang jauh sekali (Baldwin 2016).

Rantai nilai global ada sebelum internet, tetapi internet lebih jauh memungkinkan fragmentasi dan offshoring produksi dengan meningkatkan koordinasi dan biaya komunikasi. Ketika Cina dan negara-negara berkembang lainnya mulai berpartisipasi dalam jaringan produksi pemasok khusus dan pabrik perakitan ini.

Teknologi Generasi Mendatang dan Masa Depan Perdagangan

Arus perdagangan melonjak dan membentang di seluruh dunia. Hari ini, generasi teknologi berikutnya akan membentuk kembali aliran perdagangan dan rantai nilai global lagi. Tetapi tidak seperti revolusi TIK sebelumnya, inovasi ini akan memiliki efek yang lebih bervariasi dan kompleks pada perdagangan di tahun-tahun mendatang.

Beberapa kemajuan, seperti platform digital, blockchain, dan Internet of Things, akan terus mengurangi biaya transaksi dan logistik, sehingga memicu perdagangan (WTO 2018). Tetapi teknologi lain dapat mengurangi arus perdagangan dengan mengubah ekonomi dan lokasi produksi, dan mengubah konten aktual dari apa yang dibeli dan dijual lintas batas.

Dampak bersih dari seluruh gelombang teknologi baru tidak jelas, tetapi dalam skenario masa depan yang masuk akal mereka dapat mengurangi perdagangan barang sementara lebih lanjut meningkatkan aliran layanan dan data. Bukti peningkatan data teknologi dan perdagangan layanan telah ditemukan dalam penelitian sebelumnya.

Baca Juga: Kelebihan Menggunakan IPhone 11 Tahun Ini

Tetapi literatur sampai saat ini belum memberikan bukti pada tingkat rinci rantai nilai. Bagi perusahaan dan negara, tren ini akan menguntungkan beberapa perusahaan, tetapi juga akan membuat pecundang. Suatu keharusan yang berkembang untuk semua adalah fokus pada keterampilan dan infrastruktur digital, kemampuan layanan, dan inovasi. Pada kolom ini kami mempertimbangkan beberapa efek yang mungkin terjadi dan memperkirakan besarnya potensi perubahan.

Beberapa teknologi akan meningkatkan logistik perdagangan dan biaya transaksi, meningkatkan perdagangan barang

Perusahaan yang berdagang lintas batas seringkali kehilangan waktu dan uang karena pemrosesan bea cukai atau keterlambatan pengiriman dan pembayaran internasional. Tetapi sejumlah teknologi baru dapat meredakan gesekan ini.  Teknologi logistik juga terus meningkat. Internet of Things dapat melacak pengiriman secara real time, sementara AI dapat mengarahkan truk berdasarkan kondisi jalan saat ini.

Pemrosesan dokumen otomatis dapat mempercepat barang melalui bea cukai. Beberapa perusahaan mengembangkan armada truk yang dapat menyetir sendiri, dan sejumlah pelabuhan di seluruh dunia telah memperkenalkan crane otomatis dan kendaraan terpandu yang dapat menurunkan, menumpuk, dan memuat kembali kontainer lebih cepat dan dengan lebih sedikit kesalahan.

Blockchain memiliki potensi untuk melacak pengiriman dan memicu pembayaran otomatis yang lebih cepat, meskipun perlu waktu sebelum skalabilitas dan keberhasilannya dalam perdagangan dapat ditentukan.  Kami menghitung bahwa kelompok teknologi ini dapat mengurangi waktu pengiriman dan pemrosesan bea cukai sebesar 16–28%.

Literatur akademik menemukan bahwa pengurangan 1% dalam biaya perdagangan dapat menghasilkan peningkatan 0,4% dalam arus perdagangan (Djankov et al. 2010, Hausman et al. 2013). Berdasarkan angka-angka ini, kami memperkirakan bahwa teknologi-teknologi ini bersama-sama berpotensi meningkatkan perdagangan keseluruhan sebesar 6–11% pada tahun 2030 dibandingkan dengan data dasar.

Ini bernilai sekitar  4,7 triliun dalam perdagangan tahunan. Melihat waktu pemrosesan rata-rata dan aliran bilateral masing-masing negara, tampaknya Bangladesh, India, dan Indonesia adalah di antara negara-negara yang dapat memperoleh keuntungan terbesar.

Teknologi generasi mendatang juga akan hadir pada permainan slot online di mana semuanya bisa dilakukan secara otomatis, dan permainan Anda bisa jadi lebih terarah berkat hadirnya teknologi yang canggih.