Dampak Negatif Teknologi

Dampak Negatif Teknologi Pada Masyarakat

Dampak Negatif Teknologi Pada Masyarakat – Teknologi modern memiliki kendali mutlak atas kehidupan kita termasuk dampak negatif teknologi. Saat ini kami bekerja, mencintai, berbelanja, bermain dan berkomunikasi satu sama lain dan dunia online. Kami telah merangkul teknologi canggih, hanya mencari manfaat dan sepenuhnya mengabaikan kejatuhan.

Baca Juga: Alasan Siswa MEMBUTUHKAN Teknologi di Kelas

Dampak negatif dari teknologi sangat besar karena hari ini kita menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya dan Internet memainkan peran kunci dalam berbagai bidang kehidupan kita.

Tidak ada keraguan bahwa teknologi modern telah memfasilitasi kehidupan kita dan komunikasi kita dengan dunia, tetapi juga memiliki banyak kelemahan yang terlihat.

LIMBAH WAKTU

Ada begitu banyak hal menarik di Internet, tetapi jika kita ingin meninjau dan mengomentari semuanya, satu kehidupan tidak akan cukup.

Kita hanya memiliki satu kehidupan dan hari itu hanya berlangsung selama 24 jam, jadi kita harus menggunakan waktu dengan bijak. Sayangnya, banyak pengguna menghabiskan waktu berjam-jam melihat ponsel, tablet dan laptop, tidak melakukan apa pun yang pintar.

Baca Juga: Apa Pentingnya Teknologi untuk Pendidikan di Masa Sekarang Ini?

Semuanya bermula dari menonton video dan foto lucu, yang hanya memberikan stimulus sementara. Hal yang sama berlaku untuk membaca berita dan berbagai artikel. Jadi, lebih baik menghabiskan waktu dalam mempelajari sesuatu yang baru, berjalan di alam atau minum kopi dengan teman-teman daripada terus-menerus melihat smartphone dan layar komputer kita.

Apa Dampak Negatif Teknologi Pada Masyarakat?

HILANGNYA KONSENTRASI

Teknologi baru memiliki efek yang sangat buruk pada otak kita. Otak manusia tidak dapat mengatasi tantangan perangkat modern, sehingga penggunaan teknologi modern yang berlebihan mengurangi konsentrasi, produktivitas, dan memengaruhi cara berpikir kita.

Baca Juga: Cara Melacak Smartphone Oppo Menggunakan PanSpy

Setelah menghabiskan beberapa tahun di Internet, kami merasa sulit untuk duduk dan menikmati membaca buku. Kami secara permanen kehilangan kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang serius. Banyak ahli mengklaim bahwa Internet membuat kita bodoh karena mengubah orang menjadi zombie yang terus-menerus mengklik pada hal-hal yang tidak relevan.

ANCAMAN UNTUK KESEHATAN MANUSIA

Semakin banyak waktu yang dihabiskan orang melihat layar komputer mereka, bermain game dan berbicara dengan teman online, mereka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk berolahraga dan menjadi aktif.

Baca Juga: Teknologi Terbaru Chip Visa untuk Konsumen

Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi makanan tidak sehat, depresi, dan obesitas. Juga, ada kemungkinan besar kehilangan penglihatan dan pendengaran, pada orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat layar komputer dan perangkat dan menggunakan headphone.

ISOLASI

Tidak ada keraguan bahwa teknologi modern telah meningkatkan komunikasi antar manusia. Namun, ada kurangnya kontak serius dengan orang lain dan kegiatan sosial.

Baca Juga: Pengaruh Buruk Teknologi di Lingkungan

Kami mengasingkan diri karena kami lebih suka berkomunikasi online dan kami menghindari interaksi tatap muka. Suatu hari ketika kita perlu memanggil teman sejati, kita akan menyadari bahwa kita tidak dapat mempercayai seseorang yang kita kenal hanya dari Internet.

KURANGNYA PRIVASI

Internet dan banyak situs jejaring sosial mendorong orang untuk menjadi publik tentang kehidupan pribadi mereka. Detail intim kami dapat diposting dengan mudah dan tetap tersedia tanpa batas waktu. Meskipun sebagian besar situs web memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang melihat hal-hal yang telah mereka posting, batasan seperti itu sering dilupakan.

MENEKANKAN

Kebutuhan untuk selalu online dan terbarui dengan segala sesuatu menciptakan tingkat stres tambahan. Misalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan dari kita, dari waktu ke waktu, mendengar dering atau getar ponsel yang tidak ada, yang merupakan tanda bahwa tubuh sedang dalam tekanan besar.

MENINGKATKAN PELANGGARAN

Penggunaan teknologi modern telah menyebabkan peningkatan besar dalam intimidasi. Anak-anak tidak dapat melarikan diri dari pengganggu mereka karena mereka menyusupi keamanan rumah korban mereka melalui jalur online. Peningkatan serius dalam cyber-bullying telah menghasilkan peningkatan bunuh diri remaja.

KECANDUAN

Kami tidak hanya bergantung pada teknologi kami juga kecanduan. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa dampak negatif ketika smartphone diambil, orang masih mendengar getaran yang terasa tidak ada di sana. Mereka menjadi gugup dan gelisah, yang merupakan beberapa gejala penarikan yang Anda harapkan dari menggunakan narkoba.